Senin, 14 Maret 2011

memanfaatkan waktu luang disela-sela kuliah, belajar membuka usaha sambil kuliah, kuliah yang efisien, seandainya saya menjadi pemimpin perusahaan atau organisasi


1.      Memanfaatkan waktu luang disela-sela kuliah?
Jawab :
Waktu kuliah itu berbeda dengan waktu ketika sekolah SMA dimana waktu sekolah sudah ditetapkan atau sudah ditentukannya waktu mulai dan berakhirnya pelajaran, berbeda dengan waktu kuliah dimana para dosen yang menentukan waktu kapan belajar mengajar berlangsung sehingga para mahasiswa bisa belajar untuk mandiri
Ketika waktu kosong sebelum jam kuliah dimulai, beberapa hal yang dapat diisi dengan aktivitas yang bermanfaat seperti:
1. Menjalankan kewajiban seperti ibadah shaalat
2. Mengerjakan tugas tugas kuliah di waktu luang
3. Mencari informasi informasi yang penting untuk memperdalam pelajaran yang diberikan oleh dosen
4. memperdalam ilmu atau menghafal.

2.      Belajar membuka usaha sambil kuliah?
Jawab :
Kuliah sambil bisnis? Kenapa tidak?zaman sekarang banyak mahasiswa yang menjalankan bisnis sambil kuliah. Mahasiswa mempunyai motivasi yang kuat, ingin menjadi mandiri dan mampu mempunyai penghasilan sendiri untuk biaya kuliah atau bisa juga membantu orang tua untuk membiayai pendidikan adiknya. Jadi kuliah sambil bisnis bisa saja, tinggal bagaimana cara kita mengsikronkan atau membuatnya sejalan dan apakah mengganggu kuliah atau tidak. Mengganggu atau tidaknya bisnis terhadap kuliah sebenarnya tergantung dari 2 hal :
1.       Jenis bisnis apa yang di jalankan
2.       Bagaimana kita mengatur waktu dengan baik antara bisnis dan kuliah

Kita bahas satu persatu :
1.         Jenis bisnis apa yang dijalankan
Untuk mahasiswa, ada baiknya sebelum terjun ke dunia bisnis agar bisa memilih jenis bisnis yang mereka jalankan. Pilihlah jenis bisnis yang tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengelolanya, semacam part time business
2.         Mengatur waktu untuk bisnis dan kuliah
Kuliah hari ini tentu kalau udah lewat yah lewat. Anggaplah dalam sehari anda kuliah dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore. terus dari jam 3 sore hingga jam 6 petang anda bisa gunakan untuk mengerjakan tugas2 kuliah anda. Nah jam 6 petang hingga seterusnya (jam 8 keesokan harinya) artinya gak ada lagi sesuatu yang terlalu mendesak (kalaupun ada silahkan kerjakan segera). Nah anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menjalankan bisnis.




3.     Kuliah yang efisien
Jawab:
Masalah yang muncul dalam mengatur waktu adalah jika setiap hari kita memiliki kegiatan dan sulit untuk dikontrol, maka masalah akan muncul. Masalah yang muncul tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu perencanaan yang tidak terorganisasi, tidak jelas, melenceng, tidak konsisten, tidak ada tujuan, dan kurang efektif dalam menggunakan waktu. Akan sangat membantu jikakita menuliskan beberapa masalah yang muncul dalam pengaturan waktu.  Ada beberapa tips atau strategi yang dapat membantu mahasiswa dalam mengatur waktunya agar lebih berhasil dalam belajar dan beraktivitas:
1.       Perhatikan kapan waktu luang yang dimiliki. Waktu luang yang dimaksud adalah waktu yang membebaskan kita dari segala aktivitas kuliah, kursus atau kegiatan lainnya.
2.       Perhatikan kondisi kita yang paling fit untuk belajar, misal dimalam hari atau dini hari.
3.       Buatlah jadwal untuk mengatur waktu belajar dan juga akitivitas yang akan dilakukan. Idelanya, waktu untuk belajar adalah 50 menit ditambah waktu istirahat. Buat variasi dalam belajar, misal ganti lokasi belajar atau ajak teman untuk belajar.
4.       Jagalah motivasi belajar dengan cara membuat target.
Perhatikan kondisi tubuh. Kesehatan adalah segalanya. Karena itu, dalam membuat jadwal masukkan juga waktu istirahat.
5.       Buatlah waktu untuk membaca materi pelajaran dua kali. Pertama, sebelum memulai kuliah (masuk kuliah) dan kedua setelah kuliah. Hal tersebut akan membantu ingatan jangka panjang.
6.       Setelah melakukan semua kegitan, maka sisakan waktu lima menit untuk mengevaluasi kegiatan Anda. Apakah sudah dijalankan sesuai jadwal atau sebaliknya.
Dari sekian tips tersebut, dapat diikuti serta dilaksanakan agar kita bisa melakukan kuliah yang memang benar-benar efisien yang dapat menguntungkan kita sebagai mahasiswa. Juga sebagai acuan untuk selalu melakukan yang terbaik bagi diri sendiri maupun orang lain.

4.    Seandainya saya menjadi pemimpin perusahaan atau organisasi?
Jawab :
Jika saya menjadi pemimpin perusahaan maka saya ingin mempunyai karakteristik sbb :
1.       Ketika pemimpin melakukan kesalahan dia berkata "saya salah!" Ketika bukan pemimpin melakukan kesalahan dia berkata, "ini bukan salah saya!"
2.       pemimpin berkata," saya sudah baik, tapi saya bisa lebih baik lagi!" bukan pemimpin berkata ," saya tidak sejelek orang lain!".
3.       pemimpin mencoba belajar dari setiap orang yang  lebih  baik dari  pada  dia. bukan pemimpin selalu mencoba menjatuhkan orang lain.
4.       pemimpin berkata," Mari saya kerjakan ini untuk Anda!" bukan pemimpin berkata, " Itu bukan pekerjaan saya!".
5.       pemimpin berkata, " Pasti ada cara lebih baik mengerjakannya!" bukan pemimpin berkata," Begitulah biasanya dikerjakan disini!"
6.       pemimpin berkata, "ini sulit tapi mungkin!" bukan pemimpin berkata."ini mungkin tapi sangat sulit untuk mengerjakan!".
7.       pemimpin selalu mempunyai rencana. bukan pemimpin selalu cari alasan.
8.       pemimpin mempunyai komitmen-komitmen bukan pemimpin hanya berjanji-janji saja.
9.       pemimpin selalu menjadi bagian dari jawaban bukan pemimpin selalu menjadi bagian dari masalah.
10.   pemimpin tuntas memecahkan masalah. bukan pemimpin selalu tanggung-tanggung & tidak pernah memecahkan masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar