Rabu, 23 Februari 2011

kiat-kiat belajar di perguruan tinggi?


a.       Bagaiman kiat-kiat belajar di Perguruan Tinggi ?
1.      Mekanisme Mengikuti Kuliah.
Jangan datang terlambat, karena bila teman-teman terlambat maka akan kehilangan momen penting. Bila momen tersebut hilang, maka akan sulit untuk menyesuaikan diri pada laju perkuliahan & laju penyampaian materi yang membahas materi kuliah pada saat itu. Materi ini biasanya disampaikan dengan padat.
Periksalah materi perkuliahan dengan baik sebelum datang ke ruang kuliah.
2.      Sebaiknya teman-teman telah mempelajari terlebih dahulu materi sebelumnya dan membaca materi yang akan diajarkan. Jika masih belum mengerti, diskusikanlah materi tersebut dengan dosen pengajar pada awal kuliah. Akan lebih baik lagi bila teman-teman membaca materi yang akan diajarkan sehingga pada saat perkuliahan teman-teman telah memiliki gambaran perkuliahan secara umum & tidak terlalu asing dengan istilah-istilah baru yang digunakan dalam perkuliahan.
Jangan dengan sengaja meninggalkan kuliah.
3.      Perkuliahan adalah suatu rangkaian penyampaian materi. Jika teman-teman sekali tidak ikut kuliah, maka teman-teman harus belajar sendiri untuk memahami materinya, dan jika materi tersebut belum dikuasai, maka akan sukar untuk memahami materi berikutnya. Perlu diingat bahwa hampir seluruh mata kuliah mensyaratkan agar dapat mengikut ujian, persentase kehadiran harus lebih dari 90 %.
Berpakaianlah secara sopan dan rapi.
4.      Cara berpakaian seseorang mencerminkan kepribadian orang tersebut. Berpakaian rapi meliputi mentaati norma dan sistem nilai yang berlaku di masyarakat serta menutupi seluruh aurat dengan baik. Dengan berpakaian rapi selain tidak mengganggu orang lain juga menunjukkan bahwa kita memiliki norma dan sistem nilai yang luhur. Diwajibkan bagi para mahasiswa memakai sepatu saat menghadap dosen dan menghadiri perkuliahan.

b.      Apa makna kata “sukses”  menurut Anda ?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses memiliki arti yang sederhana tapi mendalam. Kata "sukses" didefinisikan sebagai berhasil atau beruntung. Jadi sukses menurut saya adalah suatu keberhasilan atau keberuntungan yang telah dicapai seseorang dalam waktu yang cukup lama baik yang disengaja maupun tidak yang dibutuhkan suatu proses dan usaha untuk mencapainya. Ada juga yang mengatakan sukses tak dapat dilepaskan dengan proses pengembangan diri. Di bawah ini adalah bukti sukses tak dapat dilepaskan dengan proses pengembangan diri :
1.Sukses itu berawal dari mimpi.
2. Sukses itu selalu bermula dari proses belajar.
3.Sukses itu pengembangan diri. Tiada kesuksesan tanpa melalui proses pengembangan potensi diri.
4.Sukses itu adalah proses bukan hasil.
5.Sukses itu adalah perjalanan bukan tujuan.
6.Sukses itu adalah penggunaan maksimal segenap potensi, bakat dan kemampuan.
7.Sukses itu cukup sedikit di atas rata-rata.


c.       Apa yang Anda lakukan setelah lulus kuliah nanti ?
Setelah nanti saya lulus kuliah saya ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi untuk bekal saya untuk melamar pekerjaan.

d.      Apa yang dimaksud dengan “sarjana membumi” ?
Sarjana membumi adalah orang yang pintar / sukses di bidang apapun serta ilmu-nya berguna bagi orang lain dan berguna bagi perusahaan yang terkenal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar