KOORDINASI
Adalah proses pengintegrasian tujuan dan kegiatan pada satuan yang terposah pada suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien.
3 Macam Ketergantungan
• Saling ketergantungan yang menyatu
• Saling ketergantungan yang berurutan
• Saling ketergantungan timbal-balik
Masalah Dalam Koordinasi
• Perbedaan dalam orientasi terhadap tujuan tertentu
• Perbedaan dalam orientasi waktu
• Perbedaan dalam orientasi antar waktu
• Perbedaan dalam formalitas struktur
3 Pendekatan
• Teknik manajemen dasar
• Meningkatkan koordinasi potensial
• Mengurangi kebutuhan akan koordinasi
Mekanisme Pengkoordinasi Dasar
• Hirarki manajerial
• Aturan dan prosedur
• Rencana dan penetapan tujuan
RENTANG MANAJEMEN
Prinsip rentang manajemen berkaitan erat dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh manajer atau atasan. Antara rentang manajemen dan koordinasi saling berhubungan erat. Ada anggapan bahwa semakin besar jumlah rentangan semakin sulit untuk mengkoordinasikan kegiatan bawahan secara efektif
Penentuan rentang yang tepat
• Rentang manajemen mempengaruhi penggunaan efisien dari manajer dan pelaksanaan kerja efektif dari bawahan mereka.
• Ada hubungan antara rentang manajemen di seluruh organisasi dan struktur organisasi.
Pendekatan Graicunas
• Dalam memilih suatu rentangan, manajer harus mempertimbangkan tidak hanya hubungan satu dengan satu secara langsung dengan bawahan yang diawasi tetapi juga hubungan mereka dengan bawahan dalam kelompok dua atau lebih.
• Rumus: R=n{2(n-1)+(n-1)}
dalam hal ini:
* R: jumlah hubungan
* N: jumlah bawahan
Pilihan dalam meningkatkan
jumlah karyawan
jumlah karyawan
• Rentang manajemen naik
• Hirarki tingkatan manajemen naik
• Kombinasi keduanya
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi
• Kesamaan fungsi-fungsi
• Kedekatan geografis
• Tingkat pengawasan langsung yang dibutuhkan
• Tingkat koordinasi pengawasan yang dibutuhkan
• Bantuan organisasi yang tersedia bagi pengawas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar